Persiapan Pembentukan BLUD Puskesmas, Dinkes Kolaka Kunjungi BPKP Sultra

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Harun Masirri, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kolaka berencana menginisiasi pembentukan BLUD Puskesmas. Hal tersebut didasari atas upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat dari Pemerintah Kabupaten Kolaka yang dalam kurun waktu tiga tahun terakhir telah mempersiapkan 14 puskesmas untuk dilakukan akreditasi. Kabar baiknya, Tahun 2020 seluruh puskesmas telah terakreditasi.

Pemerintah Kabupaten Kolaka berharap agar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara dapat mendampingi dalam proses penyusunan dokumen administratif dan tata kelola keuangan BLUD Puskesmas tersebut, sehingga pada Tahun 2021 paling tidak ada 3 (tiga) puskesmas di Kabupaten Kolaka telah menerapkan PPK BLUD.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara mengapresiasi kunjungan ini dan siap mendukung untuk kelancaran pembentukan BLUD Puskesmas pada Pemerintah Kabupaten Kolaka. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi persiapan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah Puskesmas oleh narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara.

(Fre)