BPKP DIY Kawal Inspektorat dalam Monitoring Pengadaan CPNS

YOGYAKARTA - Bidang Pengawasan IPP Perwakilan BPKP  DIY mendapat tugas mengawal rekan-rekan Inspektorat Pemda dalam melaksanakan monitoring pelaksanaan pengadaan CPNS Tahun 2019 di wilayah kerja masing masing. Setelah di awal tahun dilaksanakan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), maka pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jumlah peserta yang mengikuti (SKB) ditentukan paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan masing-masing Jabatan berdasarkan peringkat nilai (SKD). Pandemi Covid-19 ini membuat jadwal SKB harus mengalami penundaan jadwal pada awal September 2020.

Dalam kesempatan ini, Perwakilan BPKP DIY mengambil sampling 4 Pemda, yaitu D.I. Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, dan Kota Magelang untuk mendampingi Inspektorat dalam memantau pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun 2019 menggunakan metode Computer Assited Test (CAT) BKN, yaitu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.

Tes seleksi kemampuan bidang untuk Pemerintah daerah D.I. Yogyakarta dan Kabupaten Sleman dilaksanakan di Gedung Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC) pada tanggal 5-18 September 2020. Sedangkan untuk Kabupaten Magelang dan Kota Magelang dilaksanakan dari tanggal 17-23 September 2020 dan dilakukan secara bertahap tiap harinya di Kantor BKN Regional I. Tes SKB ini dilaksanakan serentak bertahap di seluruh Indonesia dari tanggal 1 September 2020 sampai dengan 1 Oktober 2020.

Seluruh peserta tes SKB CPNS di wilayah DIY diwajibkan mengunduh aplikasi Jogjapas untuk mengetahui informasi kesehatan pribadi peserta, hasil aplikasi akan di barcode saat registrasi. Peserta tes SKB yang berasal dari luar wilayah DIY diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Diagnostic Tes (RDT) yang masih berlaku.

Peserta yang hasil RDTnya reaktif tetap menjalani tes didampingi oleh Tim Kesehatan, Panselda, dan Tim CAT BKN, tentunya tim pendamping semuanya telah memakai perlengkapan APD. Mereka ditempatkan di ruang khusus tes yang terpisah jauh dari peserta lain. Setiap selesai tes per sesi seluruh ruangan disemprot disinfektan. Setelah tes SKB selesai per wilayah DIY, seluruh tim Panselda yang terlibat diwajibkan melakukan tes RDT dan tes Swab.

 

(Kominfo BPKP DIY/Viang)