BPKP Bantu BPKS Tingkatkan Maturitas SPIP

.

BANDA ACEH (27/10) - Dalam rangka peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Badan Pengelola Kawasan Sabang (BPKS), diadakan workshop maturitas SPIP kepada satgas peningkatan maturitas SPIP BPKS dengan menghadirkan narasumber dari Perwakilan BPKP Aceh. Workshop dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Oktober 2020 di Hotel The Pade Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Deputi Pengawasan BPKS Zamzami berkomitmen untuk meningkatkan maturitas SPIP sebagai upaya mendorong peningkatan kinerja dan pencegahan fraud di lingkungan BPKS. Ia mengharapkan adanya bantuan assurance dan consulting dari BPKP dengan pemetaan risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan strategis BPKS dan menformulasikan rencana tindak pengendalian (RTP) atas risiko yang ada. “Selain dukungan dan bantuan dari BPKP, saya juga mengajak seluruh kedeputian yang ada di BPKS untuk berkolaborasi,” tandasnya.

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya sebagai keynote speaker dalam acara workshop tersebut memberikan arahan sekaligus dukungan peningkatan maturitas SPIP dengan pendekatan pemetaan risiko sehingga diharapkan tujuan perusahaan, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset, dan ketaatan kepada peraturan perundang–undangan dalam setiap pelaksanaan program dan kegiatan strategis di lingkungan BPKS dapat diwujudkan. “BPKP selalu membuka diri memberikan dukungan untuk kemajuan BPKS,” ujar Indra Khaira Jaya.

Indra lebih lanjut menyampaikan bahwa upaya menuju maturitas SPIP level 3 di lingkungan BPKS akan selalu mendapat masukan dari BPKP Aceh, khususnya untuk memastikan setiap program, kegiatan, dan aktivitas, serta pengelolaan keuangan dan sumber daya lainnya didukung dengan kebijakan yang jelas dipahami oleh semua stakeholders yang diimplementasikan dengan baik dan didukung dengan teknologi informasi yang berbasis digital terintegrasi online dan realtime.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)