BPKP Dampingi IAIN Syaikh Abdurrahman Susun Pedoman SPI

.

PANGKALPINANG (22/10) - Di ruang rapat kantor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Kepala Perwakilan BPKP Bangka Belitung Ikhwan Mulyawan didampingi Auditor Madya Djoko Susanto menghadiri sekaligus menjadi narasumber acara Forum Group Discussion(FGD) dalam rangka Penyusunan Pedoman Satuan Pengawasan Internal (SPI).

Kegiatan ini diawali sambutan dari Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik yang mengucapkan Selamat datang kepada Kepala Perwakilan BPKPK Prov. Bangka Belitung atas kehadirannya dan ucapan apresiasi atas kerja sama yang baik antara Perwakilan BPKP Bangka Belitung dan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik selama ini.

Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik juga menyampaikan bahwa telah membentuk Lembaga Satuan Pengawas Internal (LSPI) pada bulan Maret 2020, namun sampai saat ini belum melaksanakan kegiatannya. Untuk itu, Rektor meminta bantuan Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memberikan asistensi kepada Lembaga Satuan Pengawas Internal (LSPI).

Dalam paparannya Ikhwan menyampaikan bahwa  dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP, disebutkan bahwa pengawasan intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Dalam Peraturan Menteri Agama No. 25 Tahun 2017 tentang SPI pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, juga disebutkan Satuan Pengawasan Internal mempunyai fungsi yaitu, penyusunan peta risiko pengendalian internal, penyusunan program dan kegiatan pengawasan non akademik, pelaksanaan pengawasan kepatuhan, kinerja, dan mutu nonakademik di bidang sumber daya manusia, perencanaan, keuangan, organisasi, teknologi informasi, serta sarana dan prasarana.

 

(Kominfo BPKP Babel)