Rapat Koordinasi Telaah Sejawat APIP Wilayah III Jawa Barat

.

SUBANG (22/10) - Di lobby Hotel Lotus Subang berlangsung Rapat Koordinasi Telaah Sejawat Eksternal antar APIP Provinsi Jawa Barat Wilayah III yang meliputi Inspektorat Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu pada 22-23 Oktober.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana selaku ketua DPW AAIPI Jawa Barat, hadir bersama para inspektur, sekretaris, serta tim terkait dari masing-masing Inspektorat. Dalam sambutan pembuka, Inspektur Kota Cirebon selaku ketua departemen telaah sejawat AAIPI wilayah Jawa Barat menyampaikan bahwa proses telaah sejawat merupakan salah satu upaya untuk menjaga pelaksanaan standar pelaksanaan pengawasan oleh APIP.

Selanjutnya, Mulyana dalam arahannya menekankan pentingnya aparat APIP untuk menjaga pelaksanaan standar dalam bekerja, utamanya agar hasil kerja pengawasan dapat terjaga kualitasnya, terlebih dengan diterbitkannya Pedoman Telaah Sejawat Ekstern Aparat Pengawasan Intern Pemerintah terbaru berdasarkan keputusan Ketua Umum DPN AAIPI Nomor KEP-43/AAIPI/DPN/2019 tanggal 31 Juli 2019.

Pedoman baru tersebut memuat beberapa perubahan dari pedoman sebelumnya, antara lain terkait kertas kerja dalam hal pemenuhan standar atribut dan standar pelaksanaan. Telaah sejawat eksternal juga mencakup pelaksanaan kuesioner penerapan kode etik profesi auditor, pengukuran efektivitas dan efisiensi kinerja APIP, kepuasan pemangku kepentingan APIP dari pimpinan pemerintah daerah, serta pimpinan auditi. Selaku Ketua DPW AAIPI, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat juga mengapresiasi inisiatif pelaksanakan koordinasi telaah sejawat oleh wilayah III.

Acara dilanjutkan dengan penetapan waktu dan tim telaah sejawat eksternal dengan memperhatikan agar tidak terjadi saling menelaah (resiprokal) sesama APIP di wilayah III. Pelaksanaan telaah sejawat eksternal direncanakan waktunya pada bulan November Tahun 2020 setelah mempertimbangkan berbagai aktivitas di masing-masing APIP.

Acara diakhiri dengan penandantanganan naskah kesepakatan kerjasama telaah sejawat eksternal yang dilakukan oleh masing-masing Inspektur, mewakili tim yang akan melakukan telaah dan APIP yang akan ditelaah, disaksikan Ketua DPW AAIPI Provinsi Jawa Barat.

 

(Kominfo Jabar/SR-RS)