Dialog Khusus BPKP dan BKKBN Zona Integritas Bebas Korupsi

.

KENDARI (18/11) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara Nani Ulina Kartika Nasution, memenuhi undangan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara untuk menjadi narasumber acara talkshow di stasiun televisi lokal, Sultra TV. Dalam acara bertema “Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara siap mewujudkan Zona Integritas Bebas Korupsi” ini dihadiri pula oleh Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono.

Dalam Talkshow yang dipandu oleh pembawa acara Dian Rahma tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sultra Nani Ulina menyatakan bahwa Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara siap memberikan dukungan dalam mengawal penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) dan manejemen risiko di perwakilan BKKBN Provinsi Sultra serta K/L/D.

“SPIP penting bahkan sangat penting untuk membantu pimpinan setiap K/L/D untuk mengendalikan pengelolaan sumber daya yang dimiliki agar seluruhnya bergerak mendukung mencapai tujuan yang telah ditetapkan. SPIP selain harus dipandang sebagai kebutuhan, juga merupakan kewajiban bagi setiap pimpinan K/L/D yang telah diberi mandat dan mengelola keuangan negara”, ujar Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara.

Di samping itu, menurut wanita yang kerap disapa Nani ini, menyatakan beberapa kunci keberhasilan  penyelenggaraan SPIP, antara lain tone of the top, yaitu awareness pimpinan instansi pemerintah. Pimpinan yang peduli pada risiko akan serius dalam membangun sistem pengendalian intern (SPI) untuk memastikan tujuan yang ditetapkan tercapai. Selain itu, APIP yang kapabel juga menjadi kunci penting dalam suksesnya penyelenggaraan SPIP, karena APIP memiliki kemampuan untuk mendorong penerapan manajemen risiko dan pengawalan atas efektivitas pengelolaan risiko.

 

(Kominfo BPKP Sultra/Dody/Dicky)