BPKP Lakukan Asistensi Atas Permodalan dan Aset PT PADYA

.

BANDA ACEH (8/1) – Bertempat di ruang rapat Kepala Perwakilan BPKP Aceh, dilaksanakan ekspose PT Pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya dengan Perwakilan BPKP Aceh mengenai permodalan dan aset perseroan daerah pada hari Kamis tanggal 07 Januari 2021.

Ekspose dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh yang diwakili oleh Korwas Bidang Akuntan Negara Ikhwansyah yang didampingi tim Bidang Akuntan Negara serta pihak direksi dan staf PT Pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pada pertemuan ini, Fauzi Umar menyampaikan maksud kehadiran PT Pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya sebagai Perseroan Daerah memerlukan konsultasi dan asistensi dari BPKP terkait permodalan dan aset perseroan daerah.

Ikhwansyah dalam sambutannya menyampaikan peran BPKP dalam hal assurance dan consulting yang dilanjutkan dengan pemaparan oleh pihak PT Pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya (Perseroda) mengenai profil perusahaan.

Menanggapi pemaparan tersebut, Ikhwansyah menekankan bahwa agar perusahaan dapat beroperasi, perlu disiapkan rencana bisnis, rencana kerja dan anggaran, standar operasional prosedur, serta kepengurusan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik. Terkait dengan permodalan, sumber modal dapat bersumber dari penyertaan modal daerah, pinjaman, hibah, dan sumber modal lainnya.

Berdasarkan keterangan dari pihak PT Pembangunan Aceh Barat Daya, perusahaan memiliki modal dasar yang bersumber dari penyertaan modal daerah.

Pihak BPKP menanggapi bahwa penyertaan modal daerah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pengelolaan keuangan daerah dan ditetapkan dalam peraturan daerah (qanun). Untuk itu, PT Pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya perlu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya dalam hal penyertaan modal tersebut.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)