APIP Sulbar Tingkatkan Koordinasi Pengawasan Program Pemerintah

.

MAMUJU - Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD Dadang Kurnia selalu Koordinator Pelaksanaan Agenda Prioritas Pengawasan Daerah tahun 2021 menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan (Rakorwasinkeubang) merupakan inisiatif untuk mengeskalasi fungsi koordinasi dan kolaborasi pengawasan keuangan dan pembangunan.
 
Agenda yang dibahas dalam Rakorwasinkeubang meliputi struktur Agenda Prioritas Pengawasan (APP) dan Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD) 2021, Clustering APPD 2021 (Tematik), Alokasi PP dan Anggaran APPD 2021, Peran Deputi PPKD dalam APPD 2021, Rencana Aksi Deputi PPKD, konsep, standar pelaksanaan, dan rencana jadwal penyelenggaraan Rakorwasinkeubang.
 
Rakorwasinkeubang Tingkat Provinsi adalah agenda pengawalan prioritas pembangunan strategis nasional dan daerah melalui penciptaan sinergi pengawasan tematik antara Perwakilan BPKP dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Daerah. Dengan Rakorwasinkeubang diharapkan akan terwujud koordinasi dan kolaborasi APIP Daerah, serta konsolidasi peran dan fungsi pengawasan intern atas isu strategis nasional dan daerah, penguatan kapasitas dan kualitas pengawasan intern keuangan dan pembangunan nasional dan daerah, serta penegasan kehadiran dan kebermanfaatan fungsi pengawasan intern pemerintah.
 
Pada kesempatan ini, Hasoloan Manalu menyampaikan bahwa BPKP Sulbar berencana melakukan pengawasan program yang menjadi isu strategis di Sulbar, yaitu evaluasi atas program penanggulangan bencana dan evaluasi kinerja program Mandiri, Sejahtera, Sehat (Marasa). 
 
(Kominfo BPKP Sulbar)