Evaluasi Pastikan Program dan Anggaran Selaras dengan Perencanaan

.

DENPASAR (27/4) - Setelah sebelumnya mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah di Pemerintah Kabupaten Bangli, Perwakilan BPKP Provinsi Bali yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Muhammad Masykur, didampingi Tim Evaluasi Bidang APD melaksanakannya entry meeting penugasan evaluasi perencanaan dan penganggaran pada Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Masykur menyampaikan maksud dan tujuan dari evaluasi perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah. Hal ini dilakukan untuk memastikan adanya keselarasan perencanaan pemerintah daerah dan memastikan bahwa program kegiatan dan anggaran dirancang secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat bagi masyarakat.

“Tanpa keselarasan perencanaan, output yang dihasilkan oleh pemerintah daerah dikhawatirkan sulit untuk menjadi baik. Kendala-kendala mulai dari akuntabilitas keuangan, ketidakpuasan berbagai pihak, hingga kasus hukum bisa sangat terjadi,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Bali, yang dalam hal ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Dewa Made Indra didampingi Inspektur Daerah dan Kepala Bappeda Provinsi Bali, menyambut baik pelaksanaan penugasan BPKP sebagai salah satu upaya dalam rangka melakukan perbaikan terhadap proses perencanaan dan penganggaran di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Indra berharap dengan kerja sama ini, faktor-faktor yang selama ini menjadi penghambat dalam proses perencanaan dapat dimitigasi sejak awal.

Pada kesempatan lainnya, Pemerintah Kabupaten Klungkung yang diwakili Sekda I Gede Putu Winastra didampingi Inspektur Daerah dan Kepala Bappeda menerima kunjungan rombongan Tim Evaluasi Bidang APD di ruang kerjanya. Sekda Klungkung menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama yang telah berjalan baik selama ini dengan BPKP Bali, dan berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan sehingga pejabat pengelola keuangan di OPD mendapatkan pengetahuan dari kegiatan ini.

(BPKP Bali/APW/AS).