BPKP Kawal Transisi Pengelolaan TMII kepada Negara

.

JAKARTA (3/5) – Tim Transisi Pengambilalihan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dinahkodai oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, pada hari ini Senin (3/5) menggelar entry meeting dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) guna membahas persiapan pelaksanaan Audit Tujuan Tertentu dan berbagai hal yang berkaitan dengan akuntabilitas dan transparansi selama proses peralihan.

Setya mengapresiasi BPKP yang telah membantu proses transisi dari Yayasan Harapan Kita kepada negara. Dikatakan, tugas tim transisi tersebut salah satunya adalah mempersiapkan dan melaksanakan serah terima penguasaan dan pengelolaan TMII kepada negara. Kemudian, tim juga mewakili Kemensetneg berkoordinasi dengan Yayasan Harapan Kita sebagai pengelola TMII yakni melakukan proses pengakhiran dan transisi pengelolaan TMII.

“Bersama dengan BPKP dan instansi lain kita optimis dapat menyelesaikan proses peralihan dengan transparan dan akuntabilitas dalam kurun waktu tiga bulan,” katanya.

Menurut dia, TMII ke depannya akan dikelola sebagai kawasan pelestarian dan pengembangan budaya bangsa, serta wisata edukasi. "Kita lihat bersama bahwa perkembangan pariwisata ke depan semakin baik, untuk itu TMII ke depan harus betul-betul dikelola sebagai tempat yang memiliki keanekaragaman suku dan budaya serta memiliki nilai-nilai ekonomi, sosial, budaya,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto mengatakan, selama proses peralihan, BPKP siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Kemensetneg, Tim Transisi, dan Kelompok Kerja (Pokja) terkait. Kerja sama tersebut kata Iwan, sangat berguna dalam memperbaiki tata kelola dan pemanfaaan barang milik negara sehingga nantinya TMII dapat berkontribusi kepada negara.

“BPKP berkomitmen mendampingi proses transisi TMII kepada negara sampai dengan selesai supaya lebih akuntabel dan transparan,” ungkapnya.

Diketahui, pada awal April lalu pemerintah melalui Kantor Staf Presiden (KSP) telah membentuk Tim Transisi Pengambilalihan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh negara. Keputusan pengambilalihan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021. Melalui peraturan itu, pemerintah secara resmi telah mengambil alih pengelolaan aset negara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang selama 44 tahun ini dikuasai oleh Yayasan Harapan Kita.

 

(Tim Kominfo BPKP/ Rizky)