Tingkatkan Ketrampilan Instruktur Terapkan Aplikasi Siswaskeudes

.

JAKARTA (4/5) - Dalam rangka melatih para instruktur yang nanti akan memberikan pendampingan kepada APIP Provinsi dan APIP Kabupaten/Kota dalam menerapkan Aplikasi Siswaskeudes, diselenggarakan Kegiatan Pelatihan Master of Trainer (MoT) Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa menggunakan Aplikasi Siswaskeudes bagi APIP di lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Acara dibuka oleh Irjen Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak dan didampingi oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PPKD) Dadang Kurnia.

Pada kesempatan tersebut, Dadang Kurnia menyampaikan beberapa arahan. Pertama, dalam rangka penguatan pengelolaan keuangan desa, maka upaya yang dilakukan oleh BPKP bersama Kemendagri diawali dengan penguatan aparat pengelola keuangan desa, kemudian dilanjutkan dengan penguatan APIP dalam melakukan pengawasan pengelolaan keuangan desa. Kedua, mendorong Aplikasi Siskeudes dan Aplikasi Siswaskeudes dapat terimplementasi secara online, agar dapat terwujud Continuous Audit Continuous Monitoring (CACM) atas pengelolaan keuangan desa.

Kegiatan Pelatihan Master of Trainer (MoT) diselanggarakan selama 3 hari pada 28-30 April 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

(Kominfo BPKP)