Sinergi BPKP dan APIP Jambi Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran

.

JAMBI - Perwakilan BPKP Provinsi Jambi menggelar koordinasi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) se-Provinsi Jambi secara daring, (8/6). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperkuat kompetensi APIP yang dibungkus dalam Pra Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi (Rakorwasinkeubangda) Provinsi Jambi. Pada kesempatan ini, juga dilakukan pemilihan dewan pengurus wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Provinsi Jambi periode 2021-2024.

Pemilihan kepala daerah secara serentak pada tanggal 9 Desember 2020 yang lalu telah menghasilkan pasangan kepala dan wakil kepala daerah baru dengan visi-misi dan program pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) maupun tahunan (RKPD) dan selanjutnya ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selama ini, visi-misi tersebut tidak secara optimal diterjemahkan menjadi program maupun kegiatan dalam APBD yang dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat. Hal tersebut berpotensi program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD menjadi tidak efektif, efisien dan selaras untuk mendukung pencapaian kinerja yang telah ditetapkan dalam visi-misi kepala daerah.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi dalam sambutannya menyampaikan, “Pada kesempatan ini, kami akan berbagi ilmu baru bagaimana kita melakukan evaluasi terhadap konsistensi antara RPJMD, RKPD dan program/kegiatan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya. Tujuannya adalah bagaimana kita mengawal sejak awal dan menghasilkan suatu program pembangunan maupun program untuk menyejahterakan rakyat yang fokus yang terprogram dan bersinergi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).”

Perwakilan BPKP Provinsi Jambi sudah melaksanakan evaluasi perencanaan penganggaran pada dua kabupaten dan satu provinsi. Prosesnya sudah dilalui dan saat ini tahapannya sampai pada input di aplikasi Siera yang nantinya akan disampaikan secara panel nasional oleh Kepala BPKP dan tim Perwakilan BPKP untuk menyimpulkan apakah suatu daerah sudah menyusun APBD tahun 2021 secara efektif dan efisien.

Acara ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menambah pengetahuan bagi kita semua dalam rangka melaksanakan tugas-tugas pengawasan, di antaranya pemaparan beberapa materi yang berguna bagi APIP, yaitu teknik evaluasi antara perencanaan dan penganggaran. Selain itu, pada kesempatan ini juga dilakukanpemilihan dewan pengurus wilayah AAIPI secara voting. Dari hasil voting menghasilkan Anggota Eksekutif Tetap dan Anggota Eksekutif Tidak Tetap.

(Kominfo BPKP Jambi)