BPKP Jabar Gelar Workshop Siskeudes Kabupaten Pangandaran

.

PANGANDARAN (8/6) - Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan DPR RI, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Kepala KPPN Tasikmalaya, menggelar Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Pengguinaan Dana Desa bertempat di Hotel Ballroom Hotel Horison Palma Pengandaran.

Workshop yang dibuka oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata ini dihadiri oleh para kepala OPD, camat, kepala desa, apdesi, dan tenaga ahli kabupaten pangandaran. Bertindak sebagai narasumber, Anggota Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Farida Kurnianingrum, Kepala KPPN Tasikmalaya Tardin Hidayat, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana. Sementara itu, bertindak sebagai moderator, Inspektur Kabupaten Pangandaran Apip Winayadi.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berpesan kepada peserta agar dapat mengikuti workshop dengan sungguh-sungguh dan diharapkan dapat memahami dan mengimplementasikan dalam mengelola Dana Desa sesuai ketentuan yang berlaku.

Usai sambutan Bupati, workshop diawali dengan paparan Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar yang membahas "Peran DPR RI terhadap Pembangunan Desa, Khususnya dalam Masa Pandemi COVID19 dan PPKM di Desa". Dirjen Bina Pemerintahan Desa diwakili oleh Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Farida Kurnianingrum secara virtual menyampaikan mengenai pengelolaan keuangan desa dalam masa pandemi Covid-19 dan PPKM Mikro. Selanjutnya, Kepala KPPN Tasikmalaya Tardin Hidayat menyampaikan mekanisme penyaluran dan pertanggungjawaban dana desa. Terakhir, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat sekaligus mewakili Deputi BPKP Bidang PPKD menyampaikan materi "Pengawalan Akuntabilitas Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa, serta PPKM Mikro di Desa".

 

(Kominfo BPKP Jabar/SR-DK-RS)