Bantu Pemulihan Ekonomi, Pengawasan BPKP Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri

.

MAMUJU - Kepala Perwakilan beserta seluruh jajaran Korwas mengikuti kegiatan Webinar Pengawasan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di ruang kerja masing-masing secara virtual.

Acara yang dibuka oleh Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh ini diisi oleh beberapa narasumber, di antaranya Deputi Kepala BPKP Bidwas PIP Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Salamat Simanullang, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, Kepala LKPP Roni Dwi Susanto, Deputy Head of Permanent Committee For Asia Pacific Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bambang B. Suwarso, serta hadir juga dari kalangan akademik Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia Vid Adrison.

Pembahasan yang menjadi topik utama kegiatan ini ialah Peningkatan Penggunaan Produk  Dalam Negeri (P3DN) dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional. Dalam paparannya, Eddy Satriya menjelaskan bahwa peran serta UKM dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi juga sangat penting. Oleh karena itu, perluasan jangkauan pemasaran UKM sangat dibutuhkan, misalnya dengan menyertakan UKM kedalam E-Catalogue Pengadaan pada laman LKPP.

Sejalan dengan pernyataan Eddy Satriya, Bambang B. Suwarso juga menambahkan peran penting kementerian dan lembaga dalam mendukung peningkatan produk dalam negeri. Menurut Bambang, pemerintah juga harus membuat road map dan action plan yang jelas dalam penerapan produk dalam negeri ini dan juga pemerintah harus concern dalam pertumbuhan UMKM. Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat P3DN Kementerian Perindustrian telah merumuskan kebijakan P3DN yang di antaranya terdiri dari beberapa poin, yaitu larangan terbatas, diberlakukan Preshipment Inspection, Pengaturan Entry Point, Pembenahan LSPro, serta penerapan P3DN secara tegas dan konsisten. Kebijakan tersebut diharapkan mampu  meningkatkan penggunaan dalam negeri, meningkatkan kesempatan kerja, dan penghematan devisa negara yang menjadi tujuan dari program P3DN ini.

 

(Kominfo BPKP Sulbar)