Sumbang Saran BPKP terhadap Optimalisasi Pendapatan Kota Tarakan

.

TARAKAN - Bertempat di Ruang Kenawai Kantor Wali Kota Tarakan, Kepala Perwakilan BPKP Rusdy Sofyan didampingi Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD), menghadiri rapat koordinasi pemungutan pajak parkir pada Bandara Juwata Tarakan, yang diinisiasi oleh BPKPAD Kota Tarakan, Rabu (21/7).

Kegiatan rapat dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tarakan, Perwakilan Kantor UPBU Kelas I Utama Juwata Tarakan, Asisten Umum, Inspektur, Kepala BPKPAD beserta jajarannya, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Ekonomi dan Ketua Koperasi AVIA Jasa Bandara Juwata Tarakan.

Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah di Kota Tarakan, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara hadir dan memberikan rekomendasi optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap pemungutan pajak parkir di Bandara Juwata Tarakan yang selama ini dikelola oleh pihak ketiga.

Pemungutan pajak parkir di kawasan Bandara Juwata Tarakan ini berdasarkan UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Perda Kota Tarakan No. 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, dan Pedoman Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dari Direktorat Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan.

 

(Kominfo BPKP Kaltara)