Pengawasan BPKP terhadap Penyaluran Bansos Tunasi di Kabupaten Lebak

.

RANGKASBITUNG (21/7) - Sebagai bagian dari pengawasan atas penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di wilayah Kabupaten Lebak, Perwakilan BPKP Banten turun ke lapangan untuk mendampingi penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST).

Penyaluran dilakukan oleh petugas PT Pos Indonesia (Persero) pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali. Di Desa Narimbang Mulia, Kecamatan Rangkasbitung, menjadi daerah pertama penyaluran BST periode Mei-Juni 2021. Di sana terdapat 318 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menjadi  target penyaluran bantuan secara door to door. Jumlah uang tunai yang diterima setiap KPM berjumlah Rp600 ribu.

Dalam proses pendampingan yg dilakukan, Tim BPKP perlu memastikan penyaluran BST dilaksanakan secara tepat waktu, tepat sasaran, dan tidak ada potongan atas bantuan yang disalurkan. Total alokasi BST di Kabupaten Lebak berjumlah 133.767 KPM yang harus disalurkan maksimal 30 hari. Diharapkan BST ini dapat membantu membeli kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat yang semakin sulit akibat pandemi Covid-19 

(Kominfo BPKP Banten)