Pengawalan Akuntabilitas Tambahan Subsidi Penerima KUR di Palangkaraya

.

PALANGKARAYA (7/9) - Melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional, pemerintah memberikan stimulus berupa tambahan subsidi bunga/subsidi marjin bagi warga penerima kredit usaha rakyat (KUR) terdampak Covid-19. Agar terjamin akuntabilitas tambahan subsidi bunga tersebut, Tim Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Kalteng melakukan audit guna memberikan keyakinan yang memadai bahwa tambahan subsidi bunga telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengawasan yang dilakukan di antaranya verifikasi berkas penerima tambahan subsidi bunga pada Bank BRI Kantor Cabang Palangkaraya. Auditor BPKP memastikan daftar penerima KUR by name by address (BNBA) telah menerima tambahan subsidi bunga/subsidi marjin dari pemerintah. Selanjutnya, tim melakukan pemantauan langsung ke lapangan menemui para nasabah yang merupakan pelaku UMKM dengan didampingi tim counterpart dari Bank BRI Kantor Cabang Palangka Raya.

Audit yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Kalteng ini merupakan bentuk pengawasan yang bertujuan untuk memastikan bahwa program subsidi tambahan bunga dan program restrukturisasi khusus COVID-19 ini menjadi solusi permasalahan untuk nasabah yang mengalami kesulitan pembayaran angsuran akibat omzet yang menurun melalui penundaan pembayaran angsuran maupun perpanjangan masa pinjaman.

 

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)