BPKP Kaltara Sosialisasikan SIBAKUL pada Inspektorat Daerah

.

TANJUNG SELOR - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara Rusdy Sofyan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara Rusdy Sofyan beserta tim jajarannya melakukan sosialisasi Sistem Bimbingan Konsultansi (SIBAKUL) ke Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (13/10). Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari OPD di lingkungan Provinsi Kalimantan Utara, antara lain BPKAD, Bappeda dan Litbang, serta Biro Organisasi dan Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara.
 
Terdapat tujuan dari perancangan SIBAKUL, yakni mempercepat dan mempermudah penyampaian pahaman dan pengetahuan di bidang penilaian maturitas SPIP Terintegrasi kepada para penilai mandiri di pemerintahan daerah khususnya di Provinsi Kalimantan Utara.
 
Penilaian Mandiri dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rentang waktu periode 1 Juli tahun sebelumnya sampai dengan 30 Juni tahun berjalan. Namun berdasarkan informasi yang tersedia belum ada pemerintah daerah yang sudah selesai melakukan penilaian mandiri. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu belum siapnya sumber daya manusia (SDM) pemerintah daerah untuk melakukan penilaian mandiri dan belum adanya tupoksi penyelenggaraan dan penilaian SPIP Terintegrasi pada pemerintah daerah.
 
Oleh karena hal itu, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara membuat modul pembelajaran mengenai penilaian  mandiri SPIP Terintegrasi dalam bentuk video yang dapat di akses pada website sibakul.kaltara34.com serta mengusulkan Rancangan Peraturan Gubernur mengenai Penambahan Tugas Pokok dan Fungsi pada Pemerintah Daerah mengenai Penyelenggaraan SPIP dan Penilaian Mandiri SPIP Terintegrasi.
 
 
(Kominfo BPKP Kaltara)