BPKP Selenggarakan Diklat Probity Audit bagi APIP se-Sulawesi Utara

.

AMURANG – Sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan pengetahuan bagi aparatur dalam pelaksanaan pengawasan proses pengadaan barang/jasa, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melalui Pusdiklatwas menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Probity Audit di Lingkungan Inspektorat Se-Provinsi Sulawesi Utara, Senin (22/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Utara tersebut diikuti oleh 31 peserta yang diselenggarakan selama 5 hari mulai tanggal 22 November sampai 26 November 2021 dengan pola pembiayaan PNBP.

Probity Audit merupakan pemikiran secara independen untuk memastikan bahwa proses pengadaan barang dan jasa telah dilaksanakan secara konsisten sesai dengan prinsip integritas, kebenaran, dan kejujuran sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring dalam sambutannya yang juga membuka diklat tersebut menuturkan, bagi auditor, probity audit cukup berat dalam pelaksanaannya. Proses pelaksanaannya, harus dilakukan dengan hati-hati, mulai dari perencanaan sampai dengan penyerahan barang dan jasa. Karena itu, ia meminta, agar peserta diklat memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin yang nantinya dapat diterapkan oleh para peserta di tempat kerjanya masing-masing

“Dengan diklat ini, peserta diharapkan sudah mampu melaksanakan probity audit tersebut dan perwakilan BPKP selalu siap dalam menerima konsultasi dari APIP agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar”, tutupnya.

 

(Kominfo BPKP Sulut)