Pacu Peningkatan Kompetensi APIP, BPKP Sulteng Gelar Diklat Teknis Audit Investigatif

.

PALU (22/11) – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid didampingi oleh Direktur Investigasi IV Deputi Bidang Investigasi BPKP-RI Mohamad Risbiyantoro, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah Evenri Sihombing, dan Inspektur Kota Palu Muliati, membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Substantif Audit Investigatif yang diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang diikuti oleh Inspektorat Daerah Kota Palu tersebut digelar bagi para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Inspektorat Daerah Kota Palu.

Menurut Wali Kota Hadi, diklat yang dilaksanakan kali ini sangat penting tidak hanya bagi Pemerintah Kota Palu saja, tapi juga bagi pemerintah secara keseluruhan.

“Karena memang pemerintah menginginkan bahwa bagaimana jalannya roda pemerintahan dan kebijakan-kebijakan pemerintah yang dilakukan sejak awal, sudah meminimalisir kemungkinan-kemungkinan berbagai hal yang membuat kerugian negara,” ujarnya.

Ia menyatakan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Sulteng yang telah menyelenggarakan diklat tersebut. Hadi menilai diklat ini juga sebagai upaya memberikan penguatan bagi sumber daya manusia (SDM) di Inspektorat Daerah Kota Palu agar betul-betul cakap dan mumpuni, sehingga mampu mengidentifikasi dan melakukan analisis yang cermat atas segala sesuatu yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan.

Hadi juga meminta kepada Perwakilan BPKP Sulteng dan Inspektur Inspektorat Daerah Kota Palu agar terus memberikan penguatan bagi para auditor Inspektorat Daerah Kota Palu, sehingga Inspektorat Daerah Kota Palu memiliki auditor-auditor yang andal, serta mampu mengawal Inspektorat Kota Palu sebagai pengawas dan pemeriksa, serta sebagai OPD yang merupakan pengampu semua hal yang dilaksanakan sejak perencanaan sampai dengan realisasi dan pertanggungjawaban kegiatan.

“Untuk itu, saya meminta agar pelatihan-pelatihan dasar terkait dengan penguatan untuk mempersiapkan dan menciptakan para auditor maupun pengawas yang baik di lingkup Inspektorat Kota Palu harus dilakukan,” imbuhnya.

(Kominfo BPKP Sulteng)