CMS Permudah Transaksi Pengelolaan Keuangan Daerah

.

KAIMANA (23/11) - Bupati Kaimana Freddy Thie menghadiri dan membuka Acara Launching Cash Management System (CMS) yang bertempat di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kaimana. Freddy Thie mengapresiasi atas implementasi Cash Management System (CMS) sebagai layanan perbankan sebagai wujud nyata kerja sama antara Pemerintah Daerah Kaimana dengan Perwakilan BPKP Papua Barat serta Bank Papua.

CMS membantu pemerintah daerah dalam melakukan transaksi pengelolaan keuangan daerah, khususnya transaksi pencairan SP2D. Aplikasi ini mempercepat proses pencairan kas di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke kas tujuan dengan konsep realtime/online. Dengan CMS maka pengelola keuangan kas daerah dapat mengetahui keadaan keuangan yang dikelola masing-masing pemerintah daerah secara realtime.

CMS mengoneksikan aplikasi SIMDA Keuangan dengan Core Banking milik Bank Papua. CMS merupakan kelanjutan dari e-planning dan e-budgeting untuk mengurangi pelanggaran/penyalahgunaan anggaran. Dengan adanya CMS, dapat mengurangi kontak secara langsung antara pihak yang berkaitan.

Aplikasi CMS menyediakan layanan pembayaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pihak ketiga yang menjadi satu rangkaian pengelolaan keuangan daerah yang terintegrasi mulai dari perencanaan, penatausahaan keuangan sampai dengan pembayaran.

"Bendahara di setiap OPD tidak lagi membawa surat banyak yang sudah tentu waktu pencairan pun lebih lama, sekarang akan lebih cepat dengan aplikasi CMS ini," ujar Freddy.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1866/SJ dan 910/1867/SJ Tahun 2017 pemerintah daerah diwajibkan untuk melakukan penerapan transaksi nontunai baik penerimaan maupun pengeluaran. Diharapkan dalam pengelolaan keuangan daerah bagi pemerintah daerah yang menggunakan aplikasi CMS dapat menjadi lebih transparan dan akuntabel sesuai asas umum pengelolaan keuangan daerah.

Terakhir dalam sambutannya Bupati Kaimana Freddy berharap dengan adanya CMS ini maka Pengelolaan Keuangan Daerah lebih baik. "Kami berharap kiranya program ini dapat memberikan kualitas pelayanan keuangan daerah dalam rangka pembangunan di Kabupaten Kaimana yang kita cintai bersama," tutup Freddy Thie.

(Kominfo BPKP Pabar & Humas Pemda Kaimana)