BPKP DIY Lakukan Bimtek FMIS di Pemda Klaten

.

KLATEN (12/1/22) - Perwakilan BPKP DIY memberikan Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran Tahun 2022 melalui Aplikasi Financial Management Information System (FMIS) pada Pemerintah Kabupaten Klaten. Bimtek bertujuan untuk memberikan pemahaman cara mengoperasikan Aplikasi FMIS guna menyusun anggaran dari RKA Tahun 2022. Bimtek kali ini bukan hanya melakukan simulasi penginputan data, tetapi langsung melakukan penginputan data anggaran Tahun 2022.

Kasubid Analisis Data Keuangan Badan Pengeloala Keuangan Daerah Kabupaten Klaten Windarti menyampaikan, bahwa kegiatan ini bukan hanya merupakan sosialisasi, melainkan sekaligus implementasi penginputan penganggaran ke dalam aplikasi FMIS. Windarti beharap setelah proses penginputan penganggaran selesai, nantinya akan dilanjutkan dengan penatausahaan melalui aplikasi FMIS yang akan dikoordinasikan dengan Perwakilan BPKP DIY.

Koordinator Pengawasan Bidang APD Perwakilan BPKP DIY Arzad dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sesuai Perpres Nomor 95 Tahun 2021 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, kebutuhan data pembangunan, keuangan, dan kinerja daerah untuk keperluan pengambilan keputusan dan kebijakan pengawasan nasional memerlukan integrasi atau konektifitas antar aplikasi dan antar unit organisasi. Oleh karenanya, aplikasi SIMDA perlu ditingkatkan baik dari sisi teknologi maupun regulasi. Pengembangan SIMDA menjadi FMIS dilakukan dengan tujuan pengelolaan keuangan pemerintah daerah makin akuntabel mulai dari proses perencanaan sampai dengan pelaporan,  dan BPKP dapat terus mengawal akuntabilitas keuangan dan kinerja pemda. BPKP berharap penginputan data anggaran ini bisa berlanjut sehingga penatausahaan dalam membuat laporan keuangan yang terkonsolidasi di BPKPAD Kabupaten Klaten akan lebih mudah, cepat dan akurat.

Bimbingan ini diselenggarakan selama enam hari ke depan yang diikuti secara bergantian oleh seluruh Perangkat Daerah dan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten dengan pendampingan dari Tim Perwakilan BPKP DIY.

(Kominfo BPKP DIY/&ie)