Persiapan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan PON XX Dan PEPARNAS XVI di BPKP Jabar

Dalam rangka menindaklanjuti surat Deputi Kepala BPKP Bidang Politik Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor S-445/D2/04/2021 tanggal 14/6/2021, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat di Bandung menjadi Ajang dilaksanakannya Rencana Rapat Koordinasi Penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS XVI Papua Tahun 2021 di Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat.

Rapat yang akan digelar selama dua hari sampai dengan tanggal 25 Juni 2021 ini dibuka oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto ini dihadiri oleh Sekretaris PB PON Jawa Barat selaku Narasumber, bersama Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Mulyana. Sementara itu Direktur Pengawasan Bidang Pengembangan SDM dan Kebudayaan, Ayi Riyanto bertindak sebagai moderator.

Usai pembukaan oleh Deputi dilanjutkan dengan paparan dari para Narasumber, yang pertama paparan dari Sekretaris PB PON Jawa Barat, yang dalam materi paparannya antara lain menyampaikan Visi PON dan PEPARPAS yaitu SPORTIF, PRESTASI DAN HARMONI. Lebih lanjut disampaikan pula bahwa terdapat 4 Catur Sukses Penyelenggaraan, yaitu   sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses perekonomian rakyat dan sukses administrasi. Selain itu juga sukses dapat diraih atas dukungan Pemerintah, Swasta dan Masyarakat serta dengan dukungan doa.

Paparan berikutnya dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana, yang dalam paparannya menyampaikan beberapa poin penting antara lain mengulas tentang penyelenggaraan PON dan PEPARNAS di Jawa Barat Tahun 2016, dan di Riau Tahun 2012. Lebih lanjut Kepala Perwakilan mengemukakan bahwa  area pengawalan yang dilakukan BPKP adalah penyelenggaraan PON mulai dari tahap persiapan, pengadaan, perbaikan sarana prasarana olah raga, hingga penataausahaan keuangan dan pelaporan. Legacy atas aktivitas pengendalian PON XIX bisa menjadi acuan bagi penyelenggaraan PON XX, selain itu fraud dan korupsi perlu diantisipasi, sehingga menjadikan PON XX sukses PON, sukses new normal dan sukses PEN.

Rapat akan dilanjutkan besok untuk mendengarkan dan menyimak sambutan Kepala BPKP M. Yusuf Ateh terkait Program Penyelenggaraan PON XX dan PEPARPAS XVI Papua, serta dari Kepala PUPR terkait Progres Hasil Pengawasan atas  Penyelenggaraan PON XX dan PEPARPAS XVI Papua di Kementerian PUPR.

(Kominfo BPKP Jabar/SR-RS)