TINGKATKAN MATURITAS SPIP, KEJATI JATENG SELENGGARAKAN BIMTEK

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah selaku Pembina SPIP melaksanakan Bimbingan Teknis Penilaian Maturitas SPIP.  Kegiatan SPIP tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 September 2020 bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi Jawa Tangah serta dihadiri oleh pegawai Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri se- Jawa Tengah +/- 30 orang secara Virtual Conference.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Priyanto dalam sambutannya  memberikan arahan pentingnya membangun SPIP di Kejaksaan untuk mencapai   tujuan organisasi yang efektif, efisien, pengamanan aset, Laporan Keuangan yang handal dan ketaatan terhadap peraturan. Mengingat pentingnya SPIP tersebut saya minta kegiatan harus diikuti secara serius kepada pegawai Kejaksaan yang sudah ditunjuk untuk membangun SPIP di lingkungan Kejaksaan, Harapan saya setelah kegiatan ini  tidak berhenti tetapi ada langkah lanjutan untuk membangun dan mengimplementasikan SPIP sehingga tingkat Maturitas di Kejaksaan Tinggi semakin meningkat, papar Priyanto.

Di lain pihak  Koordinator Pengawasan  Bidang IPP I Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Alfiandry, selaku Narasumber I membahas pentingnya memahami SPIP dan Manajemen Risiko dalam membangun SPIP, sehingga hambatan-hambatan yang mungkin akan timbul dalam pencapaian tujuan sudah dipetakan dan dikelola dengan baik.

Pengendali Teknis Bidang IPP Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Suroyo Budi Wasono selaku Narasumber II lebih menekankan bagaimana membangun manajemen Risiko dan menilai Maturitas SPIP, sehingga pemahaman praktek penyelenggaraan SPIP menjadi lebih utuh. BPKP selaku instansi Pembina telah menyediakan tool untuk menilai kualitas SPIP yang ada di lingkup Pemerintah baik Kementerian/Lembaga maupun  Pemerintah Daerah.

(Kominfo BPKP Jateng Alf/Sb/Din)