Belajar Fotografi: Berawal Dari Hobi, Bermanfaat Untuk Pengawasan

Dunia fotografi makin digemari di era berkembangnya media sosial saat ini, bahkan fotografi sudah menjadi lifestyle. Sebagai seorang auditor, fotografi dapat digunakan sebagai sarana menunjang pelaksanaan tugas. Dalam melakukan kegiatan pengawasan, auditor seringkali dituntut untuk mendokumentasikan proses pekerjaan termasuk objek pengawasannya.

PadaJumat (11/9) Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta melaksanakan sharing session tentang fotografi dengan influencer Gadis Fithri Afiana, seorang auditor di BPKP DIY yang telah mendalami dunia fotografi sejak 2 tahun silam. Hadir dalam acara yang dipandu oleh Sulistyo Tri Cahyono ini Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana, beberapa Korwas dan pejabat struktural, serta para pegawai yang mempunyai ketertarikan dengan dunia fotografi.

Pada sesi paparan, Gadis menjelaskan bahwa memotret harus mampu memberikan energi terhadap gambar yang dihasilkan, untuk itu diperlukan penguasaan teknik fotografi. Beberapa teknik yang harus dipelajari adalah teori segitiga exposure, pencahayaan, rules of third, pengambilan angle, dan editing foto. Selain itu yang tidak kalah penting adalah tujuan dan konsep fotografi harus dipikirkan sebelum memulai memotret.  Hal ini dimaksudkan agar kegiatan memotret tidak asal jepret namun efisien dan efektif sesuai tujuannya.

Pada sesi selanjutnya para peserta dipandu untuk melakukan praktek memotret objek yang telah disiapkan influencer. Para peserta mempraktekkan teori fotografi yang telah diterimanya dan dipilih tiga peserta dengan foto terbaik.  

(Kominfo BPKP DIY/ nis@)