Akselerasi Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapablitas APIP, Bupati Morut Kolaborasi dengan BPKP

 

Kolonodale (13/9), Bupati Morowali Utara (Morut), Delis Julkarson Hehi, didampingi Inspektur Morowali  Utara, Frits Sam Purnama Kandori, menyambut tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan, Evenri Sihombing. Meskipun ini merupakan pertemuan perdana keduanya, namun diskusi di ruang kerja bupati tersebut berlangsung hangat dan cair.

Pada kesempatan ini, kedua pimpinan institusi bertukar pikiran dan berbagi pengalaman seputar akuntabiltas pengelolaan keuangan daerah dan desa. Delis menyampaikan  komitmen beliau dalam mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, khususnya APBD, untuk kesejahteraan masyarakat Morut. Berkenaan dengan hal tersebut, beliau menginginkan setiap belanja daerah dapat dipastikan manfaatnya dirasakan oleh Masyarakat. “Kami berharap BPKP dapat mendampingi kami mewujudkan hal tersebut”, ungkapnya.

Gayung bersambut, harapan tersebut disambut baik oleh BPKP. Sihombing menyatakan siap bergandengan tangan dengan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel. Beliau menyampaikan beberapa strategi untuk merealisasikan hajat tersebut, termasuk melalui pengendalian yang efektif dan pemberdayaan Inspektorat selaku mata dan telinga Bupati.

Kepala Perwakilan juga mengingatkan pentingnya percepatan dan peningkatan efektifitas penanggulangan pandemi Covid-19. “Perluasan cakupan vaksinasi harus dioptimalkan, termasuk proses inputing datanya pada kesempatan pertama sehingga selalu up to date, insentif tenaga kesehatan segera dibayarkan, serta penanganan limbah penanganan Covid harus dipastikan sesuai standar dan ketentuan yang berlaku”, kata Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah.  

Akhirnya kedua pimpinan sepakat untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam penguatan pengelolaan keuangan dan pembangunan di Kabupaten Morowali Utara. Sebagai langkah awal, kedua institusi akan berkolaborqasi untuk mengakselerasi peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Morowali Utara sehingga minimal berada pada level 3.

 

Kominfo BPKP Sulteng, Muh As'af/ Naufal