Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Daerah yang baik dengan Akuntabilitas

Manado (08/06/2021) – Pengelolaan keuangan yang baik dan transaparan merupakan tujuan dan visi dari setiap pemerintah daerah. Guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia bidang pengelolaan keuangan daerah terutama penatausahaan keuangan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Perangkat Daerah tahun anggaran 2021.

Mengawali sambutannya yang sekaligus juga membuka kegiatan bimtek, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru menyampaikan bahwa diperlukan kesamaan persepsi, langkah, tindakan secara integral dan menyeluruh dari unsur-unsur yang terkait. Hal itu, tambah Bupati, guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah Bolsel yang baik dan efektif.

“Dengan ini dapat mewujudkan pemerintah yang bersih dan tata kelola keuangan yang baik,” imbuhnya.

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, Bupati berpesan agar kegiatan bimtek dapat diikuti dengan serius. Adanya Bimtek ini diharapkan dapat menciptakan pengendalian manajemen yang semakin efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi dan keamanan sumber daya yang dikelola.

Senada dengan Bupati, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha menyatakan bahwa intisari dari pengelolaan tersebut adalah akuntabilitas. Ia memaparkan bahwa akuntabilitas merupakan suatu hal yang menjadi dasar hukum dalam suatu pengelolaan keuangan.

“Ketika suatu kegiatan dinyatakan akuntabel artinya sah dan legal dan bisa dipertanggungjawabkan”, ungkap Kaper.

Karena menjadi sasaran audit, Ia meminta agar para verifikator keuangan dan pejabat pengelola keuangan harus pintar dan mendalami aturan-aturan “rules of the game” yang terkandung di dalam proses verifikasi.

Untuk itu Kaper berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan bimtek dengan serius dan jangan segan-segan untuk bertanya untuk hal yang belum dimengerti.

“Bapak ibu jangan segan2 silahkan bermitra dengan kami, kami tidak akan ragu-ragu untuk membantu, rekan-rekan BPKP, sebagai pendamping akan terus mendampingi sampai bapak ibu paham”, tutup Setya.

Kegiatan yang dilangsungkan di Swissbell Hotel Manado tersebut dihadiri Wakil Bupati Bolsel Dedy Abdul Hamid, Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii, Sekretaris Daerah Marzanzius A. Ohy, para Asisten Daerah, para pimpinan SKPD dan jajaran sebagai peserta dan tim dari Bidang APD sebagai narasumber.

(Kominfo BPKP Sulut/TH)