APIP yang Kapabel Mendukung Pencapaian Tujuan Pemerintah Kabupaten Mamasa

Sertifikat sebagai tanda capaian level 3 kapabilitas APIP ini diserahkan Hasoloan Manalu kepada Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda yang didampingi oleh Inspektur Kabupaten Mamasa Yohanis. Acara dihadiri oleh Asisten Pemerintahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran serta para auditor pada Inspektorat Kabupaten Mamasa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam sambutannya Marthinus Tiranda menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPKP yang selalu hadir mendampingi Kabupaten Mamasa sebagai mitra dalam pengelolaan keuangan dan akuntabilitas, termasuk dalam mendampingi Inspektorat Kabupaten Mamasa sehingga mampu meraih kapabilitas APIP level 3 yang menjadi salah satu target dalam RPJMD Kabupaten Mamasa.

Marthinus juga menyampaikan APIP berperan penting sebagai penjamin mutu dan memberikan jasa konsultasi bagi para pemangku kepentingan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mamasa. Marthinus berharap agar BPKP tetap mendampingi Pemerintahan Kabupaten Mamasa dan mendorong Inspektorat agar selalu dapat memberikan saran perbaikan atas tata kelola dan pengelolaan keuangan.

Dalam sambutannya, Hasoloan Manalu mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Mamasa sebagai pemimpin tertinggi yang telah memerankan Inspektorat secara efektif sehingga dapat mencapai kapabilitas APIP level 3. Model kapabilitas APIP yang diadopsi oleh BPKP dari the Institute of Internal Auditor (IIA) dalam rangka melakukan quality assurance kapabilitas sebuah organisasi APIP, merupakan model universal yang berlaku secara internasional. Model tersebut dirancang untuk membangun kapabilitas organisasi audit intern sektor publik dan menjadi road map bagi perbaikan dan peningkatan kapabilitas secara bertahap. Pada kesempatan ini, Hasoloan Manalu juga menyampaikan peran strategis yang dapat dilakukan oleh APIP dalam situasi pandemi saat ini. Peran tersebut tentu saja tidak terlepas dari tugas dan fungsi APIP sebagai auditor intern pemerintah yaitu berupa kegiatan assurance dan consulting atas pelaksanaan pengadaan barang dan jasa (PBJ) dalam rangka penanganan covid-19. PBJ merupakan area berisiko tinggi yang harus mendapat pengawasan dari APIP, hal ini sejalan juga dengan implementasi kapabilitas APIP pada level 3 yang menghendaki bahwa APIP harus fokus pada area atau kegiatan yang memiliki risiko tinggi. Dengan memiliki kapabilitas yang memadai, maka APIP telah mendukung pencapaian tujuan dan sasaran strategis yang hendak dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Mamasa.