Transformasi Pengawasan Berbasis Digital Menuju APIP yang Agile

Webinar diadakan pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh lima pegawai di setiap Perwakilan BPKP. Pada Perwakilan BPKP Provisi Sulawesi Barat, webinar diikuti oleh Kepala Perwakilan,Hasoloan Manaludan empat staf auditor.Webinar dibuka secara resmi oleh Kepala BPKP,Muhammad Yusuf Atehyang pada kesempatan ini berpesan kepada APIP bahwa seiring perkembangan teknologi, maka APIP harus bertranformasi untuk melakukan pengawasan yang berbasis digital. Hal ini dilakukan agar APIP dapat melakukan pengawasan secara cepat dan tepat sementara kegiatan auditan tetap dapat berjalan secara normal. Agar dapat bertransformasi menuju era digital, auditor pada APIP harus memiliki kompetensi pengawasan berbasis elektronikdan selalu adaptif  terhadap perkembangan teknologi dan teklnik audit terbaru agar tetap dapat memberikan solusi yang tepat kepada auditan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi,Agustina Arumsari selaku keynote speaker, yang berisi  sharing session tentang pemberian nilai tambah pemanfaatan dokumen/informasi digital dalam kegiatan pengawasan bidang investigasi. Pada penjelasannya Ibu Agustina Arumsari menjelaskan tentang tantangan auditor dengan adanya perubahan teknologi, urgensi transformasi digital, kerangka transformasi digital, perjalanan Deputi Bidang Investigasi menuju APIPyang agile.

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh pembicarayang dipandu oleh Direktur Investigasi II BPKP, Sutrisno selakumoderator.  Paparan pertama disajikan oleh Kepala Pusat Studi Forensika Digital Universitas Islam Indonesia,Yudi Prayudi, dengan judul Pemanfaatan Teknologi dan Proses Analisis Bukti Digital. Materi yang disampaikan meliputi digital lifestyle, cybercrime, cyberlaw, bukti digital, dan metodologi forensik. Yudi Prayudimengatakan bahwa setiap kejahatan pasti meninggalkan jejak atau tanda, auditor dituntut memiliki kompetensi yang baik  untuk dapat menemukan jejak kejahatan tersebut. Selanjutnya, Komisaris Utama PT PLN,Amien Sunaryadiselaku pembicara kedua menyampaikan bahwa seluruh APIP harus selalu saling bekerja sama karena kejahatan tidak mengenal batas wilayah. Beliau juga menyampaikan bahwa auditor APIP harus selalu meningkatkan kompetensinya agar tetap mampu berperan di era digital yang semakin berkembang. Setelah pemaparan oleh para pembicara, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan pembicara.