Kurangi Dispute, BPKP Lakukan Evaluasi Tata Kelola Klaim di BPJS Mamuju

(draft)

Rabu, 09 Juni 2021, Korwas Akuntan Negara Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, I Komang Asmara bersama tim evaluasi melakukan entry meeting dengan KC BPJS Mamuju. Seperti kita ketahui bersama, pandemi COVID-19 telah banyak mempengaruhi kondisi ekonomi di Indonesia. Meskipun demikian, pemerintah dengan sumber daya yang tersedia selalu berusaha melaksanakan tanggung jawabnya untuk melindungi rakyat Indonesia, salah satunya diwujudkan dalam bentuk penggantian biaya layanan pasien COVID-19. Namun, penggantian biaya layanan tersebut selain harus dilakukan secara cepat, prosesnya tetaplah harus dilaksanakan secara akuntabel.

Sampai dengan Maret 2021, masih ditemukan kondisi tingginya klaim dispute yang dibarengi dengan rendahnya tingkat penyelesaian klaim dispute tersebut dan rendahnya tingkat pembayaran penggantian biaya klaim. Melihat kondisi tersebut Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan bersama dengan BPKP melakukan evaluasi terhadap tata kelola klaim penggantian biaya pelayanan pasien COVID-19 sehingga diharapkan tepat sasaran dan dapat membantu penyelesaian masalah COVID-19.

Penugasan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelemahan serta memberikan saran perbaikan terkait tata kelola klaim penggantian biaya layanan pasien COVID-19, termasuk Fraud Control Plan.