BPKP Berikan Pemahaman New SPIP kepada APIP Sulbar

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu yang menyampaikan sosialisasi New SPIP diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada auditor di lingkungan Inspektorat daerah Provinsi Sulbar dalam melakukan penilaian mandiri serta penjaminan kualitas. Sistem Pengendalian Intern (SPI) merupakan proses integral untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan. Dalam hal ini APIP berperan untuk memberikan keyakinan memadai atas ketaatan dan 3E, meningkatkan efektivitas manajemen risiko, dan memeliharan kualitas tata kelola pemerintahan.

Penilaian maturitas SPIP yang selama ini berjalan baru menilai struktur dan proses penyelenggaraan SPIP sehingga disempurnakan dengan penilaian maturitas SPIP yang berfokus pada 3 area, yaitu Penetapan Tujuan, Proses dan Struktur, serta Ketercapaian Tujuan SPIP. Kendala yang umum ditemui pada penilaian maturitas SPIP adalah manajemen risiko yang dinyatakan dalam Manajemen Risiko Indeks (MRI) yang dirasa masih lemah, oleh karena itu pimpinan instansi pemerintah bertanggung jawab untuk menyusun perencanaan dan menetapkan tujuan organisasi, membangun SPI yang memadai, dan mencapai tujuan organisasi dengan 4 tujuan SPIP.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Tim Bidang Pengawasan APD Perwakilan BPKP Sulbar. Korwas Bidang APD, Iman Kadarman menjelaskan bahwa penyelenggaraan SPIP harus didahului dengan assessment atas karakteristik organisasi, ketepatan penetapan tujuan, kesesuaian strategi dan indikator kinerja yang ditetapkan. Penetapan tujuan akan dinilai keselarasan antara sasaran strategis dengan strategi pencapaian sasaran strategisnya. Adapun tujuan penilaian tujuan organisasi, adalah untuk memastikan bahwa tujuan organisasi telah sesuai dengan mandat keberadaan organisasi, memastikan strategi pencapaian tujuan organisasi telah tepat, dan sarana menetapkan konteks pengendalian.

Paparan dilanjutkan oleh Auditor Madya pada Perwakilan BPKP Sulbar, Ahmad Zahidin yang menjelaskan bahwa penilaian struktur dan proses pada New SPIP diperkaya dengan pertanyaan-pertanyaan untuk menilai MRI, IEPK, level kapabilitas APIP. Konsep baru penilaian struktur dan proses, mengedepankan keberadaan proses pelaksanaannya, tidak lagi menitikberatkan pada keberadaan dokumentasi.