BPKP Pabar Turun Langsung Pastikan Bansos Tepat Sasaran

Manokwari (21/07) - Salah satu program Pemerintah Pusat dalam rangka meringankan beban masyarakat di masa PPKM adalah pemberian bantuan beras kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). Masing-masing penerima PKH dan BST mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 Kg selama masa PPKM. Alokasi penerima bantuan beras untuk Program PKH di Kabupaten Manokwari adalah sebanyak 9.433 KPM dan untuk Program BST di Kabupaten Manokwari adalah sebanyak 875 KPM.

Sesuai instruksi Presiden Jokowi kepada Kepala BPKP bahwa BPKP diminta melakukan pengawasan atas penyaluran bantuan beras dalam rangka PPKM yang dilakukan oleh Perum BULOG dan Kementerian Sosial. Menindaklanjuti instruksi tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Moch. Fahrudin didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara Barlian Fransiskus Saragih dan Tim Bidang Akuntan Negara pada tanggal 21 Juli 2021 melakukan monitoring ke Gudang Bulog Manokwari untuk melihat kesiapan Perum BULOG Kantor Cabang Manokwari dalam rangka penyaluran bantuan beras bagi penerima Program PKH dan BST.

Kegiatan monitoring Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat kemudian dilanjutkan dengan acara Launching Penyaluran Bantuan Beras PPKM Tahun 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan Sosial Tunai (BST) yang secara langsung diserahkan oleh Bupati Manokwari Hermus Indou S.IP., MH,Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manokwari Muhammad Mansyur, dan Pimpinan Cabang Perum BULOG Manokwari Firman Mando.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas perhatiannya kepada masyarakat di Kabupaten Manokwari. Bupati Manokwari berharap bantuan beras dari Pemerintah Pusat tersebut dapat meringankan beban masyarakat selama masa PPKM. Bupati Manokwari juga menyampaikan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat karena selalu melakukan pendampingan atas kegiatan yang di inisiasi oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Manokwari.