Peluncuran Interopabilitas ATKPDes PT Bankaltimtara pada Siskeudes Online

.

TENGGARONG (20/6/2022) - Di Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara telah dilaksanakan Soft Launching Aplikasi Transaksi Keuangan Desa (ATKPDes) PT Bankaltimtara pada Aplikasi Siskeudes Online.  Aplikasi Siskeudes Online sebelumnya telah diimplementasikan pada sebagian desa di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tujuan dari Implementasi Aplikasi Transaksi Keuangan Desa (ATKPDes) PT Bankaltimtara pada Aplikasi Siskeudes Online adalah untuk mempermudah pembayaran yang dilakukan oleh pemerindah desa dan pembayaran dengan cara cashless, serta mendekatkan layanan perbankan khususnya Bankaltimtara kepada masyarakat desa di Provinsi Kalimantan Timur.
 
Pelaksanaan soft launching Aplikasi Transaksi Keuangan Desa (ATKPDes) PT Bankaltimtara pada Aplikasi Siskeudes Online dilakukan di desa-desa di Kecamatan Tabang dengan pertimbangan Kecamatan Tabang merupakan kecamatan terjauh yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Dalam acara tersebut, hadir Korwasbid APD Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur Ata Sumirta bersama dengan PFA Bidang APD Iman Santosa, Pejabat dari Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara, yaitu Camat Tabang Paisyal, Kepala Dinas PMD Kab Kukar Arianto bersama staf, dan Pejabat dari Bankaltimtara, yaitu Pimpinan Bidang Layanan Bankaltimtara Cabang Tenggarong Ester, Pimpinan Departemen Digital Banking Bankaltimtara Pusat Boby Danial, Pimpinan Cabang Pembantu Bankaltimtara Agus, dan Tim IT Bankaltimtara Diky.
 
Dalam kesempatan tersebut, dilakukan sosialisasi sekaligus mengganti aplikasi yang sebelumnya masih menggunakan Siskeudes Offline menjadi Siskeudes Online pada desa-desa di Kecamatan Tabang. Setelah Aplikasi Siskeudes Online digunakan untuk transaksi penatausahaan keuangan desa, selanjutnya adalah mengintegrasikan dengan Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara.
 
Uji coba pembayaran dengan menggunakan Aplikasi Transaksi Keuangan Desa (ATKPDes) PT Bankaltimtara telah berhasil dilaksanakan untuk transaksi pembayaran BLT-DD. Pembayaran langsung dibayarkan ke Penerima BLT melalui Rekening yang selanjutnya dilakukan pencairan dana oleh penerima BLT DD melalui Agen Bankaltimtara yang diberi nama Agen Lakupandai.
 
Dengan telah berhasilnya pembayaran kepada masyarakat desa melalui Aplikasi Transaksi Keuangan Desa (ATKPDes) PT Bankaltimtara dan pencairannya melalui Agen Lakupandai, selanjutnya interopabilitas Aplikasi Siskeudes Online + Aplikasi Transaksi Keuangan Desa (ATKPDes) PT Bankaltimtara diharapkan dapat diimplementasikan pada seluruh desa di Kabupaten Kutai Kartanegara yang berjumlah 193 desa.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)