Penerapan dan Pelatihan Admin Siskeudes Online di Kota Subulussalam

.

SUBULUSSALAM (21/6/2022) - Di ruang rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampong (DPMK) Kota Subulussalam telah diadakan pendampingan penerapan dan pelatihan admin Siskeudes Online untuk Kota Subulussalam. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas DPMK, para camat Kota Subulussalam, dan juga beberapa perwakilan yang akan memegang kendali Siskeudes Online nantinya.

Pada hari Senin sebelumnya, Tim Perwakilan BPKP Aceh dipimpin Korwas APD 2 Priyanta Eka Nugraha BPKP Aceh, menfasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kota Subulussalam untuk mengoneksikan Sistem Keuangan Desa secara online.

Merujuk pada Pedoman Pelaporan Capaian Aksi Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2022 melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK RI pada tanggal 10 Februari 2022 di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh yang salah satu fokusnya adalah pada Area Intervensi Pengelolaan Dana Desa melalui tata kelola keuangan desa agar menjadi lebih baik sehingga meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi terhadap Dana Desa.

Hal tersebut masih sulit terwujud karena pengelolaan keuangan desa melalui siskeudes masih dilakukan secara offline. Demikian disampaikan Korwas APD 2 BPKP Aceh dalam sambutan acara bimbingan teknis pengoperasian Siskeudes Online bagi operator tingkat kota dan desa.

Kota Subulussalam yang masih mendapat tinta merah terkait sistem pengelolaan keuangan desanya tentu saja langsung meminta bantuan BPKP agar dapat memfasilitasi proses penerapan Aplikasi Siskeudes. Dengan mulai digunakannya aplikasi Siskeudes online ini, diharapkan pengelolaan keuangan desa yang efektif dan transparan di Kota Subulussalam akan terwujud.

Pada kesempatan tersebut, Kepala DPMG Kota Subulussalam Irwan Faisal bertekat segera mengimplementasikan Siskeudes Online untuk seluruh desa di wilayah Kota Subulussalam sebagai bagian dari pengawasan intern. Dengan implementasi Siskeudes Online, Wali Kota Subulussalam melalui Kepala DMPG Kota Subulussalam dapat memonitor perkembangan perencanaan dan realisasi APBDes secara online realtime yang berguna bagi pengambilan keputusan.

 

(Kominfo BPKP Aceh)