BPKP Dampingi Pemprov Riau Tangani Wabah PMK

Pekanbaru (21/6/2022) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir didampingi Korwas Bidang IPP mengikuti Rapat Koordinasi Gugus Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Provinsi Riau.

Dalam kesempaten tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menyampaikan BPKP melakukan pengawasan terhadap penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kami (BPKP) akan selalu berkoordinasi terus dengan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan baik Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melihat tata kelola penanganan wabah di daerah itu seperti apa” ujar Fauqi.

Kemudian Fauqi juga menyampaikan terkait dengan pengelolaan data. “Jadi data dan informasi harus tercatat lengkap dan selalu terupdate, misalnya anggaran keluar berapa sapi sakit ada berapa dan sebagainya sehingga akuntabilitasnya terjaga” kata Fauqi.

Fauqi menambahkan agar dibuat SOP pencegahan pada titik check point sehingga bisa mencegah penularan wabah PMK. Selain itu juga harus dibuat hotline jika ada kejadian bisa segera terlaporkan.

Semenatara itu, Gubernur Riau menyampaikan Provinsi Riau telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi untuk memastikan hewan ternak di Riau terhindar dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) satu diataranya mendirikan pos check point. Ini bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan dalam rangka menghadapi pelasksanaan ibadah kurban 1443 H, sehingga tidak menularkan kepada ternak lainnya.

Rapat tersebut dihadiri secara luring oleh pihak Polda Riau, TNI, Kejati, dan Ketua MUI serta secara daring oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten/Kota.

(Kominfo BPKP Riau)