BPKP Dukung Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah Provinsi Bengkulu

KABUPATEN REJANG LEBONG- Auditor Perwakilan BPKP Bengkulu melaksanakan Audit Kinerja Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang pada tanggal 4 Juli sampai dengan 29 Juli 2022.

Tujuan dari audit ini adalah untuk menilai keberhasilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta instansi terkait dalam melaksanakan/menyelenggarakan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah. Serta untuk memberikan rekomendasi jika ditemukan kelemahan peningkatan efektivitas dan efisiensi dari pelaksanaan program tersebut.

Program PISEW bertujuan membangun baru atau meningkatkan kualitas infrastruktur permukiman dengan pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan permukiman perdesaan untuk meningkatkan sosial ekonomi wilayah.

Penerima manfaat langsung dari kegiatan ini diantaranya: masyarakat pelaku usaha kecil terutama pengusaha komoditas unggulan, masyarakat pekerja dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur, serta masyarakat umum pengguna infrastruktur yang terbangun.

Sasaran kegiatan PISEW adalah terbangunnya infrastruktur dasar skala wilayah kecamatan guna mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal, berdasarkan potensi atau komoditas unggulan yang dapat berupa: infrastruktur transportasi, infrastruktur air minum dan sanitasi, infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri, dan infrastruktur peningkatan prasarana pendukung pemasaran pertanian, peternakan, perikanan, industri, dan pendukung kegiatan pariwisata.