Tingkatkan Kompetensi Pegawai Inspektorat Kota Bontang

BONTANG (5/8/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu, didampingi Korwas Bidang APD Atta Sumirta, memberikan Pemahaman Pengetahuan Tentang Audit Investigatif/PKKN yang dilaksanakan di Aula Kantor Inspektorat Kota Bontang. Hadir pada kegiatan ini Inspektur Kota Bontang Enik Ruswati, Sekretaris Inspektur Junaidi, serta seluruh pegawai dilingkungan Inspektorat Kota Bontang.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan, tujuan selain memberikan Pengetahuan tentang Audit Investigatif/PKKN adalah menjalin silahturahmi di lingkungan Inspektorat Kota Bontang dan juga memperkenalkan diri sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur yang baru. Sebagai APIP kita harus mengawal Akuntabilitas Keuangan Negara baik di Pusat maupun di Daerah. Selain itu kita juga harus mencegah agar tidak terjadi fraud.
 
Fraud merupakan suatu perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh orang-orang dari dalam dan atau luar organisasi, dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan atau kelompoknya yang secara langsung merugikan pihak lain. Fraud terjadi karena 3 faktor yaitu Tekanan, Adanya Kesempatan, dan Pembenaran. Bentuk kecurangan yang terjadi adalah seperti, Korupsi, Penyalahgunaan Aset dan Kecurangan dalam Laporan Keuangan.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)