BPKP KALSEL KAWAL PEMANFAATAN DANA DESA DAN BLT DESA KABUPATEN BARITO KUALA

BANJARBARU –Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan melakukan evaluasi Tata Kelola dan Akuntabilitas Dana Desa serta evaluasi penyaluran BLT-Desa di Kabupaten Barito Kuala pada tanggal 30 Mei s.d 11 Juni 2022.

Dengan didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Kuala dan perangkat desa, tim melaksanakan evaluasi dengan mengambil sampel pada 10 desa dari 2 kecamatan di wilayah kabupaten Barito Kuala agar mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai tata Kelola desa yang telah dilakukan hingga saat evaluasi berlangsung.

Evaluasi ersebut dilaksanakan untuk menilai dan memberikan perbaikan tata kelola Dana Desa agar lebih efektif untuk menunjang pembangunan nasional yang dimulai dari tingkat desa serta melakukan evaluasi terhadap tata Kelola kelola penyaluran BLT-Desa agar pelaksanaan BLT-Desa menjadi tepat sasaran dan merata.

Dalam evaluasitersebut tim menemukan kelemahan yaitu integrasi data dengan bantuan lainnya yang tidak sesuai. Dengan adanya kelemahan tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan menyarankan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Kuala memperbaiki data agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perlu diketahui, dana desa merupakan salah satu unsur pendapatan yang paling dominan bagi pemerintah Desa. Hingga saat ini, pemerintah desa masih mengalami ketergantungan yang sangat tinggi terhadap pendapatan transfer, salah satunya adalah Dana Desa.

Selain itu, BLT-Desa sebagai salah satu bantuan yang bersumber dari Dana Desa juga disalurkan kepada para warga yang memenuhi kriteria dalam rangka menanggulangi dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 di tingkat desa.

(Kominfo BPKP Kalsel)