BPKP Sultra Laksanakan Pendampingan Probity Audit pada Kabupaten Muna

Tabe’ Sobwas Meohai

Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah yang efektif salah satunya adalah pelaksanaan probity audit yang memberikan manfaat bagi Kepala Daerah dan para Kepala OPD.Pelaksanaan probity audit yang berkualitas menghasilkan outcome berupa minimalisasi penyimpangan, pencegahan fraud, dan efisiensi/penghematan pengeluaran daerah dalam pengadaan barang jasa.

Sesuai dengan tagline BPKP yaitu hadir bermanfaat dan kian bermakna, Bidang APD Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara mendampingi Inspektorat Daerah Kabupaten Muna selaku APIP Daerah dalam melakukan probity audit terhadap 12 kontrak.

Kegiatan pendampingan probity audit diawali dengan rapat koordinasi antara Rusma Emba selaku Bupati Muna, Saul Pabendon selaku Korwas APD, tim BPKP, dan La Kuanto selaku Inspektur Daerah Kabupaten Muna pada 15 September 2022. Rapat tersebut juga dihadiri oleh beberapa Kepala OPD yang akan dilakukan probity audit terhadap kontrak yang dijalankannya. Pada kesempatan tersebut, Korwas APD menyampaikan bahwa peran Inspektorat Daerah sangat strategis dalam memberikan hasil pengawasan yang berkualitas dan rekomendasi strategis kepada Kepala Daerah untuk memastikan pencapaian tujuan strategis pemda. Korwas APD juga menegaskan bahwa pendampingan yang dilakukan tidak hanya melihat pada kesesuaian suatu kontrak terhadap regulasi, tetapi juga substansi terkait keefisienan dan keefektifan suatu kontrak.

#bpkp #bpkpsultra #kianbermakna

Tim APD