Kartini BPKP, Kawal Akuntabilitas Negeri

JAKARTA (21/4/2022) - Raden Ajeng Kartini merupakan perempuan tangguh yang memiliki sumbangsih yang sangat besar terhadap emansipasi dan pendidikan wanita di Indonesia. Berkat buah pikirnya perempuan tak lagi dipandang sebelah mata, perempuan mampu memperjuangkan hak dan martabatnya agar sejajar dengan kaum pria. Sebagai bentuk penghargaan terhadap jasanya pada kaum perempuan, Kamis,  21 April 2022, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar peringatan Hari Kartini yang mengusung tema “Kartini BPKP yang inspiratif dalam berkarya dan menggapai cita”.

Perjuangan Kartini tak luntur hingga saat ini, banyak lahir penerus Kartini yang mampu berjuang untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia, dan sosok penerus Kartini juga hadir di BPKP. Hal ini dibuktikan dengan banyak perempuan di BPKP yang memegang peran strategis dalam menahkodai amanah mengawal akuntabilitas keuangan negara.

“BPKP sangat bersyukur memiliki Kartini yang menjadi Srikandi untuk mengawal akuntabilitas keuangan negara,” tutur Sekretaris Utama BPKP yang menyampaikan keynote speech Kepala BPKP.

Ernadhi berharap generasi perempuan muda dan milenial BPKP dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh perempuan-perempuan hebat terdahulu.

R.A Kartini sebagai tokoh literasi Indonesia banyak menuangkan buah pikir dalam tulisan-tulisannya. Hal ini juga menggugah semangat Kartini BPKP dalam berkinerja dan berkarya. Mengilhami R.A Kartini, pada kesempatan ini juga diluncurkan sebuah buku berjudul “Kisah dan Kiprah Perempuan Tangguh BPKP” yang merupakan buah pikiran dari 16 Kartini BPKP.

Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Sally Salamah, yang merupakan salah satu nahkoda akuntabilitas perempuan di BPKP berharap buku ini dapat menginspirasi seluruh perempuan di Indonesia, khususnya BPKP. “Dengan tekad dan semangat  ‘aku bisa’. Perempuan bisa hadir dan mendorong kemajuan Bangsa Indonesia,” ucap Sally.

Pada kesempatan ini juga menghadirkan sesi beauty class yang bertujuan untuk menyeimbangkan antara inner beauty dan outer beauty. Acara dilangsungkan di Auditorium Gandhi Kantor Pusat BPKP dan juga digelar secara hybrid oleh Perwakilan BPKP seluruh Indonesia.

(Kominfo BPKP/ws/iz)